Petualangan Paling Ekstrim di Indonesia


pantai timang
gambar : panduanwisatajogja.com

1. Menangkap Lobster Pantai Timang Yogyakarta


Pantai timang terletak di Kabupaten Gunung Kidul Kota Yogyakarta. Di sana kamu bisa memancing lobster dengan cara tradisonal seperti yang biasa nelayan lakukan. Seperti apa?

Ternyata untuk memancing lobster langkah pertama kita harus menyeberang ke pulau karang kecil sejauh 100 meter. Menyebrangan dilakukan dengan menggunakan kereta gantung setinggi 50 meter diatas laut dengan hempasan ombak yang cukup besar. Parahnya kereta gantung cuma ditarik menggunakan tangan.

Ekstrimnya lagi kereta gantung hanya mampu menampung satu orang. Anggin disana juga nggak main-main, kereta gantung yang kamu naiki akan diterpa angin yang akan mengguncang kereta sekaligus tubuh kamu. Untuk mendapatkan lobsterpun ternyata nggak mudah. Kamu masih harus menunggu berjam-jam lagi. Dan jangan terlalu berharap kamu akan dapat lobster yang banyak untuk dibawa pulang. Susah.

Tapi selagi menunggu kamu juga bisa mengagumi laut yang mempesona, berminat mencoba?



Paralayang di Matantimali
gambar : tourismmonitor.com

2. Paralayang di Matantimali Sulawesi


Matantimali terletak di sekitar 2 kilometer dari Desa Wayu, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah atau sekitar 30 kilometer arah selatan Kota Palu. Matantimali adalah nama sebuah desa di atas pegunungan Verbek, berada di sisi kiri dari puncak Gunung Gawalise. Matantimali berada di ketinggian 1.500 mdpl.

Paralayang di Matantimali dikenal dengan paralayang terbaik di Asia Tenggara. Kelebihannya adalah dari semua lokasi paralayang yang ada di Indonesia dan kawasan Asia tenggara, tempat ini satu-satunya lokasi yang bisa digunakan untuk terbang sepanjang tahun. Didaerah lain kita tidak bisa terbang setiap waktu karena cuaca tidak menentu. Sering diselenggarakan kompetisi paralayang di sana.

Sambil paralayang kamu dapat menikmati panorama alam pegunungan Gawalise yang menawan dan hamparan lembah Palu. Dari Matantimali kamu juga bisa melihat ke segala penjuru Kota Palu mulai dari ujung utara hingga ke dataran Kulawi yang jauhnya sekitar 100 km dari Kota Palu.



Bungee Jumping di Bali
gambar : panoramio.com

3. Bungee Jumping di Bali


Liburan ke Bali rugi kalau hanya bersantai di Pantai. Di Bali kamu juga bisa berpetualang untuk memacu adrenalin. Di kawasan pantai Kuta Bali kamu bisa menikmati Bungee Jumping spektakuler. Kamu akan lompat bebas dari ketinggian 45 meter.

Lokasinya tepatnya ada di Pantai Seminyak, depan Double Six Club yang populer di kalangan wisatawan. Sambil melompat kamu bisa melihat panorama indah Pantai Seminyak dan Kuta di sekitarnya.



Menyusuri Gua Jomblang
gambar : moextreme.com

4. Menyusuri Gua Jomblang Yogyakarta


Gua ini berlokasi di Semanu, Gunung kidul, Yogyakarta. Gua Jomblang merupakan gua bertipe collapse doline, terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Karena itu sering disebut dengan nama Luweng Jomblang.

Gua Jomblang memiliki luas mulut gua sekitar 50 meter. Menariknya Gua Jomblang merupakan gua vertical. Jadi kamu harus turun ke dasar gua yang jauhnya 20 meter dengan menggunakan teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT).

Pemandangan disana juga nggak kalah mengagumkan. Jika di atas sejauh mata memandang hanya menemui perbukitan karst dan jati yang meranggas, maka di perut Gua Jomblang terhampar pemandangan hijaunya hutan yang sangat subur. Aneka lumut, paku-pakuan, semak, hingga pohon-pohon besar tumbuh dengan rapat. Hutan dengan vegetasi yang jauh berbeda dengan kondisi di atas ini sering dikenal dengan nama hutan purba.



Banua Wuhu
gambar : 1.bp.blogspot.com

5. Aktivitas Liburan Memacu Adrenalin


Snorkeling sambil melihat aktifitas gunung berapi? Ada! Di Banua Wuhu, area Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Kamu bisa melihat dua kombinasi keindahan Indonesia yang tidak biasa.

Banua Wuhu merupakan gunung berapi yang berada di dasar laut dengan ketinggian 400 meter dari dasar laut. Banua Wuhu terletak Titik kepundan gunung ditandai oleh keluarnya gelembung di antara bebatuan pada kedalaman 8 meter. Suhu air rata-rata di sana 37-38 derajat Celsius. Di sejumlah lubang, keluar air panas yang bisa mebuat tangan melepuh. Tapi disamping bahayanya gunung berapi, disana hidup beaneka macam biota laut dengan terumbu karang yang rapat dikedalaman 10-20 meter.

Konon di Banua Wuhu terdapat lorong bawah laut yang tembus dua arah. Masyarakat setempat menyelenggarakan upacara Tulude setiap akhir Januari. Dua pekan sebelum ritual tersebut, seorang tetua adat akan menyelam dengan membawa piring putih berisi emas ke lorong tersebut sebagai persembahan agar Banua Wuhu tidak murka.



green-canyon
gambar : thebeautyindonesia.com

6. Naik Ketinting di Taman Eden, Green Canyon Jawa Barat


Green Canyon berlokasi di dekat Pantai Pangandaran, Jawa Barat. Green Canyon merupakan aliran sungai dengan arus yang lumayan kencang dikelilingi tebing-tebing tinggi, stalaktit dan stalagmit, air yang jernih seperti Taman Eden. Tempat ini disebut Green Canyon karena air dan sekeliling tebingnya berwarna hijau.

Untuk menyusuri Green Canyon, kamu harus menggunakan ketinting atau perahu kayu. Hati-hati karena terkadang ada ular atau kadal di sekitarnya. Jika air tidak sedang pasang, kamu bisa berjalan di bawah goa besar ini dan mengagumi kedua tebing besarnya. Atau kalau kamu berani kamu bisa mencoba melompat dari tebing-tebing yang ada di sekeliling sungai. Tidak perlu khawatir karena tingginya hanya sekira lima meter dan di dalam sungai tidak ada batu-batu besar yang dapat membahayakan.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia terdiri dari pulau-pulau dan pantai-pantai indah yang menjadi daya tarik wisata. Tak hanya keindahan pantai, ombak-ombak di Indonesia juga spektakuler, bahkan didapuk sebagai salah satu ombak selancar terbaik di dunia.



mentawai
gambar : mpora.com

7. Selancar di Mentawai Sumatra Barat


Ombak Mentawai merupakan salah satu ombak terbaik di Indonesia. Kepulauan Mentawai sudah terkenal diseluruh dunia sebagai salah satu tempat berselancar paling menantang. Mentawai bahkan dijuluki Hawaii-nya Indonesia.

Faktanya, Kepulauan Mentawai (Sipora, Sikakap, Pagai Utara, dan Pagai Selatan) memiliki 400 titik selancar terbaik, 23 di antaranya bahkan berskala internasional. Pantai-pantai Mentawai yang dikagumi para peselancar, antara lain Pantai Nyangnyang, Pantai Karang Bajat, Pantai Karoniki, dan Pantai Pananggelat Mainuk yang semuanya terletak di Kecamatan Siberut Selatan. Di Kecamatan Sipora terdapat beberapa pantai, seperti Pantai Katiet Bosua dan Pantai Selatan, sedangkan di Kecamatan Pagai Utara terdapat Pantai Barat.


sumber: blog.catallya.com
Tag : Life Style
Iklan 655 x 60
Back To Top