Wisata Belanja di Jantung Kota Jogja


Malioboro, Wisata Belanja di Jantung Kota Jogja – Siapa yang tak kenal Malioboro ? Nama sebuah jalan yang sudah menjadi kawasan perdagangan sejak tahun 1758 di wilayah kota Jogja ini begitu terkenal di kalangan para wisatawan. Tak lengkap rasanya pergi ke Jogja bila belum berbelanja di Malioboro. Selain sebagai pusat perdagangan di kota Jogja, Malioboro juga menjadi salah satu ikon pariwisata Provinsi DI. Yogyakarta.

Malioboro terletak kurang lebih 800 m dari Kraton Yogyakarta. Kira2 kenapa namanya Malioboro ya ? Jadi gini, karena letaknya berdekatan dengan Kraton Yogyakarta, maka setiap kali pihak Kraton Yogyakarta mengadakan acara atau perayaan, di sepanjang Jalan yang sekarang disebut Malioboro itu di penuhi oleh karangan bunga, jadilah dinamakan Malioboro. Malioboro sendiri dalam bahasa Sanskerta berarti Karangan Bunga, itulah kenapa jalan itu dinamakan Malioboro sampai sekarang.

Pada jaman dahulu kala, kira-kira 66 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1948, Malioboro dijadikan sebagai basis perjuangan para pahlawan kita pada saat terjadinya agresi militer Belanda ke-2. Selain itu, dulu kawasan Malioboro juga menjadi daerah pengembaraan para seniman yang tergabung dalam Komunitas Persada Studi Klub (PSK) pimpinan Umbul Landu Paranggi pada tahun 1970 -1990 an. Dari para seniman ini pulalah budaya duduk lesehan di trotoar akhirnya menjadi populer dan identik dengan Malioboro.

Segala macam cendera mata khas Yogyakarta tersedia di Malioboro, dijajakan oleh para pedagang kaki lima di sepanjang koridor pertokoan yang ada di bahu jalan Malioboro. Tersedia segala macam cendera mata, mulai dari barang kerajinan tangan, kaos, baju-baju batik sampai berbagai macam makanan khas jogja juga tersedia. Jika Anda tak punya banyak waktu untuk mendatangi berbagai macam toko yang menjual cendera mata yang tersebar di Jogja, maka Anda cukup datang ke Malioboro saja, karena sebagian besar cendera mata khas Jogja tersedia.


malioboro cenderamata Malioboro, Wisata Belanja di Jantung Kota Jogja

Selain di sepanjang koridor pertokoan Jl. Malioboro, Anda juga bisa mengunjungi sebuah pasar tradisional yang tak kalah terkenalnya di Jogja, yang juga masih terletak di kawasan Malioboro yaitu pasar Beringharjo. Di pasar ini tersedia berbagai macam produk-produk tradisional yang sangat komplit, seperti aneka baju batik, kain batik dan berbagai macam kerajinan tangan.

Kawasan Malioboro menjadi rekomendasi tersendiri bagi para wisatawan sebagai tempat untuk berbelanja barang-barang khas Jogja. Selain berwisata belanja, wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa tempat wisata yang masih satu kawasan dengan Malioboro, yaitu Benteng Vredeburg, Taman Pintar, Gedung Agung dan Kawasan 0 KM Kota Jogja.


malioboro malam Malioboro, Wisata Belanja di Jantung Kota Jogja

Suasana di kawasan Malioboro akan menjadi semakin indah kala malam menjelang dan lampu-lampu jalanan mulai menyala, satu-persatu warung-warung lesehan di sepanjang jalan pun mulai digelar. Coba saja nikmati suasana malam dan menu-menu lesehan yang ada di Malioboro bersama orang terkasih sambil mendengarkan para seniman jalanan beraksi, pasti akan meninggalkan seribu kenangan yang tak terlupakan.

sumber: indrashare.com
Iklan 655 x 60
Back To Top